Cara Kerja Granat Asap

Cara Kerja Granat Asap

Begini Cara Kerja Granat Asap

Cara Kerja Granat Asap – Baru-baru ini kita dikejutkan dengan pemberitaan ledakan granat asap yang mencederai 2 anggota TNI ketika melakukan pengamanan kegiatan demo di Monas.

Granat merupakan salah satu senjata atau alat yang digunakan tentara dan juga polisi. Ada bermacam-macam granat saat ini yang telah dikembangkan oleh produsen senjata baik yang mematikan, untuk melumpuhkan atau juga sebagai alat kamuflase.

Untuk kasus di Monas, menurup keterangan pihak yang berwenang, jenis granat yang meledak adalah jenis granat asap yang hanya melumpuhkan.

Smoke Grenade adalah sejenis granat yang terbuat dari kaleng yang berisi cairan kimia yang memiliki berat kisaran 1/4 kg atau lebih.

Isi Granat Asap dan Cara Kerja Granat Asap

Di dalam kaleng granat asap berisi campuran bahan kimia Hexachloroethane (HC). Untuk granat asap yang memiliki warna, biasanya berisi pewarna, lakstosa dan potasium.

Untuk mengaktifkan granat asap sama seperti granat yang lain yaitu dengan menarik pin pengaman yang ada dikaleng kemudian pemantik yang ada, diangkat kemudian granat bisa dilemparkan ke tempat yang ditargetkan.

Sebuah granat asap tidak meledak, hanya memiliki efek membakar karena reaksi kimia yang terjadi di dalam kaleng dengan durasi 1,5 menit sampai 2 menit saja. Hasil reaksi kimia itulah yang membuat asap mengepul pekat dari kaleng.

Dalam perang, granat ini berfungsi sebagai penanda suatu lokasi seperti lokasi penjemputan. Dan juga bisa digunakan sebagai kamuflase agar musuh sulit menembak target karena terhalang oleh asap.

Dari kejadian di Monas, pihak kepolisian telah menegaskan bahwa granat tersebut tidak berasal dari anggotanya. Karena tersiar kabar granat tersebut milik anggota Polda Metro yang tertinggal. Pihak Polda telah membantah karena selama aksi mereka tidak membekali anggotanya dengan granat asap.

Dari pihak POM TNI juga masih menyelidiki bersama dengan pihak kepolisian. Anggota mereka yang menjadi korban dikabarkan kondisinya semakin baik.

Anggota TNI yang menemukan dan juga sakaligus menjadi korban adalah serka Fajar dan Praka Gunawan yang dirawat di RSPAD.

Baca artikel menarik tentang: Membuat Instalasi Hidroponik

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.